Visi dan Misi Pemprov Kepri dan Renstra Pendidikan

Spread the love

VISI MISI PEMPROV KEPRI 2021-2024

Visi Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau periode 2021 – 2024 adalah “Terwujudnya Kepulauan Riau yang Makmur, Berdaya saing dan Berbudaya”
Untuk mencapai visi tersebut maka dikembangkan 9 misi yang saling mendukung, dengan rincian :
  1. Percepatan peningkatan pertumbuhan ekonomi berbasis maritim dan keunggulan wilayah untuk peningkatan kemakmuran masyakarat.
  2. Mewujudkan kualitas sumber daya manusisa yang berkualitas, sehat dan berdaya saing dengan berbasiskan iman dan taqwa.
  3. Melaksanakan tata kelola pemerintahan yang bersih, terbuka, berorientasi pelayananan dan berwawasan lingkungan.
  4. Mengembangkan dan melestarikan budaya melayu dan budaya nasional dalam mendukung pembangunan berkelanjutan.
  5. Mempercepat pemerataan pembangunan infrastruktur anta pulau guna pengintegrasian dan percepatan pembangunan kawasan pesisir.

DINAS PENDIDIKAN MENDUKUNG MISI GUBERNUR POIN 2

RENCANA STRATEGIS PENDIDIKAN 2020-2025
Rencana Strategis (Renstra) Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau tahun 2010—2014 disusun berdasarkan Undang-Undang (UU) No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, UU No. 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005–2025, serta Peraturan Daerah Provinsi Kepulauan Riau No 2 Tahun 2009 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2005-2025

Selain itu Renstra Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau disusun berdasarkan filsafat Pancasila serta Kebijakan Umum Anggaran Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau berlandaskan pada paradigma pendidikan dan pemberdayaan manusia seutuhnya, paradigma pendidikan sepanjang hayat yang berpusat pada peserta didik, paradigma pendidikan untuk semua yang inklusif, dan paradigma Pendidikan untuk Perkembangan, Pengembangan, dan/atau Pembangunan Berkelanjutan (PuP3B).

Rancangan Renstra Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau disusun melalui berbagai tahapan, termasuk interaksi dengan para pemangku kepentingan pendidikan di daerah, partisipasi seluruh pejabat Dinas Pendidikan Kab/Kota, serta dengan memperhatikan arah reformasi perencanaan dan penganggaran yang telah ditentukan oleh Bappeda. Renstra ini juga disusun dengan semangat untuk menjaga kesinambungan pembangunan pendidikan daerah dan sebagai landasan bagi pemerintahan periode 2015–2020 dalam menentukan arah pembangunan pendidikan Kepulauan Riau ke depan.

Dokumen Renstra Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2020-2025 memuat enam strategi yaitu (1) Perluasan dan Pemerataan Akses Pendidikan Usia Dini (PAUD) Bermutu dan Berkesetaraan Gender; (2) Perluasan dan Pemerataan Akses Pendidikan Dasar Universal Bermutu dan Berkesetaraan Gender; (3) Perluasan dan Pemerataan Akses Pendidikan Menengah Bermutu, Berkesetaraan Gender, dan Relevan dengan Kebutuhan Masyarakat; (4) Perluasan dan Pemerataan Akses Pendidikan Tinggi Bermutu, Berdaya Saing Internasional, Berkesetaraan Gender dan Relevan dengan Kebutuhan Bangsa dan Negara; (5) Perluasan dan Pemerataan Akses Pendidikan Orang Dewasa Berkelanjutan yang Berkesetaraan Gender dan Relevan dengan Kebutuhan Masyarakat; dan (6) Penguatan Tata Kelola, Sistem Pengendalian Manajemen, dan Sistem Pengawasan Intern.

Renstra ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi satuan kerja pendidikan, baik di Provinsi maupun di Kab/Kota dalam merencanakan dan melaksanakan program pembangunan pendidikan Kepulauan Riau serta mengevaluasi hasil kinerjanya. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa menyertai masyarakat Kepulauan Riau agar menjadi insan yang cerdas komprehensif, kompetitif, dan bermartabat.

Download Renstra Disdik