Legalisir Ijazah SMA/SMK/SLB

Spread the love

STANDAR PELAYANAN

Dasar Hukum    

  1. UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
  2. UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
  3. PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  4. PP Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
  5. Peraturan MENDIKBUD Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pengesahan Fotokopi Ijazah/STTB, Surat Ket. Penggantian Ijazah/STTB, dan Penerbitan Surat Keterangan Pengganti Ijazah/STTB Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
  6. Peraturan MENDIKBUD Nomor 36 Tahun 2014 tentang pedoman pendirian, perubahan dan penutupan satuan pendidikan dasar dan menengah.

Persyaratan Pelayanan

  1. Pemohon datang dan membawa berkas foto copy ijazah maksimal 10 rangkap
  2. Membawa berkas Ijazah Asli

Sistem, Mekanisme dan Prosedur          

  1. Pemohon datang ke Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau dengan membawa Ijazah Asli dan Foto Copy Ijazah
  2. Petugas Menerima dan memeriksa keabsahan ijazah asli dan berkas fotokopi ijazah/STTB.
  3. Jika sah, maka akan diberikan cap pengesahan/legalisir. Jika tidak maka akan dikembalikan kepada pemohon.
  4. Petugas memasukkan berkas fotokopian yang sudah dicap pengesahan kepada Kabid PSMA/PSMK/Sekretaris untuk ditandatangani.
  5. Legalisir Ijazah diberikan nomor legalisir dan Cap Dinas pada lembaran yang telah ditandatangani.
  6. Berkas Legalisir diserahkan kepada pemohon.
  7. Mengarsipkan Pengesahan ijazah/STTB pada lemari arsip.

Jangka Waktu Penyelesaian
Maksimal 2 (dua) hari kerja (apabila pejabat berada di tempat)

Biaya/Tarif Rp. 0,-

Produk Pelayanan berupa Berkas Fotocopy Ijazah yang sudah disahkan dikembalikan kepada pemohon

Sarana, Prasarana, dan Fasilitas

  1. Ruang tempat pengajuan Legalisir Ijazah;
  2. Kelengkapan, Komputer, Printer, ATK Stampel Buku Agenda dan Buku Tamu
  3. Kelengkapan dan Persyaratan pemohon.

Kompetensi Pelaksana

  1. Mengerti dan memahami mengenai mekanisme legalisir ijazah;
  2. Mengerti dan memahami regulasi legalisir Ijazah;
  3. Mengetahui penggunaan perangkat komputer;
  4. Disiplin, teliti, dan bertanggung jawab;

Pengawasan Internal    : Dilakukan oleh Kepala Bidang Pembinaan SMA/SMK/SLB,  Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian SMA/SMK/SLB

Penanganan, Pengaduan, Saran, dan Masukan 

  1. Pengaduan
  2. Prosedur Penyampaian Pengaduan

Pengaduan disampaikan kepada tim Pengelola Pengaduan Masyarakat, baik secara langsung maupun melalui media, antara lain kotak pengaduan, email, HP, dan surat

  1. Tindak lanjut Penerimaan Pengaduan
    1. membahas aduan yang diterima dalam rapat internal Tim Pengelola Pengaduan Masyarakat pada Dinas Pendidikan Provinsi Kepri;
    2. membuat rekomendasi penyelesaian pengaduan kepada pimpinan.
    3. Saran dan Masukan
    4. Prosedur Pemberian Saran/Masukan
    5. Tindak Lanjut Penerimaan Saran/Masukan

Jaminan Pelayanan
Pelayanan didukung oleh pegawai yang berkompeten dengan prinsip pelayanan prima.

Jaminan Keamanan
Surat izin maupun rekomendasi dibubuhi tanda tangan serta cap basah sehingga terjamin keasliannya.

Evaluasi Kinerja
Pelaksana Evaluasi Kinerja dilakukan melalui pengukuran penerapan komponen standar pelayanan yang dilakukan sekurang-kurangnya sekali dalam setahun.

Jumlah Pelaksana 3 (tiga) orang