Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)

Spread the love

Berdasarkan Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021, Penerimaan Peserta Didik Baru, yang selanjutnya disingkat PPDB, adalah penerimaan peserta didik baru pada sekolah.

PPDB Online atau singkatan dari Penerimaan Peserta Didik Baru secara Online merupakan sebuah proses pendaftaran peserta didik baru pada jenjang pendidikan tertentu dengan menggunakan media dalam jejaring (Online) yang diatur dalam peraturan yang berlaku dan bertujuan untuk menjamin penerimaan peserta didik baru berjalan secara objektif, transparan, akuntabel, nondiskriminatif, dan berkeadilan dalam rangka mendorong peningkatan akses layanan pendidikan. Kegiatan penerimaan calon peserta didik yang memenuhi syarat tertentu untuk memperoleh pendidikan pada satuan pendidikan, mengikuti suatu jenjang pendidikan atau jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

 

Dasar Hukum

  • Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang PPDB pada Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, dan Sekolah Menengah Kejuruan.
  • Surat Edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2020 tentang Kebijakan Sekolah Merdeka Belajar Dalam Penentuan Kelulusan Peserta Didik dan Pelaksanaan PPDB Tahun Pelajaran 2020 – 2021.
  • Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.
  • Surat Edaran Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan PPDB Tahun 2021.
  • Peraturan Gubernur Kepri No. 1297/KPTS-4/V/2021, tentang Panitia Pelaksana Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kepulauan Riau Tahun 2021.

Informasi PPDB Kepri, Akses