Logo
Loading...

Dinas Pendidikan Gelar Rakor Pelaksanaan Asesmen Nasional Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024

Terbit : Kamis, 07 Maret 2024
Pukul : 21:24 WIB
Dilihat : 255 Kali
Bagikan Berita Ini
Dinas Pendidikan Gelar Rakor Pelaksanaan Asesmen Nasional Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2024
Kadisdik Kepri Andi Agung foto bersama usai membuka Rakor-f/Randi

KEPRI (DISDIK) - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi  Kepulauan Riau Dr. Andi Agung, S.E., M.M membuka secara resmi Rapat Koordinasi Pelaksanaan Asesmen Nasional Provinsi Kepri Tahun 2024 Golden View Batam, 7/3/ 2024.

Dalam  sambutanya Kadisdik Kepri Andi Agung menyampaikan Society 5.0 atau masyarakat 5.0 merupakan suatu konsep masyarakat yang berpusat pada manusia (human-centered) yang berbasis kepada penggunaan teknologi (technology based) yang pertama kali dikembangkan oleh Jepang. 

                               

Konsep ini lahir sebagai pengembangan dari Revolusi Industri 4.0 yang dinilai berpotensi mendegradasi peran serta manusia dalam kehidupan. Reformasi ekonomi dan masyarakat yang menetapkan Society 5.0 sebagai visi baru untuk pembangunan berkelanjutan dan kehidupan masyarakat yang lebih bertanggung jawab. 

“Society 5.0 akan berdampak pada semua aspek kehidupan mulai dari kesehatan, tata kota, transportasi, pertanian, industri dan pendidikan. Tidak dapat kita pungkiri bahwa setiap manusia membutuhkan pendidikan dalam kehidupannya,” Ucap Andi Agung.

Dia melanjutkan bahwa Pendidikan merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran yang dikenal dan diakui oleh masyarakat. 

Dalam beberapa tahun terakhir Kemendikbudristek telah meluncurkan beberapa program prioritas, antara lain Asesmen Nasional (AN) untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah, yang telah dilaksanakan sejak tahun 2021. 

Dengan demikian pelaksana AN terdiri dari Pelaksana Pusat, Pelaksana AN Provinsi, Pelaksana AN Kabupaten/Kota, Pelaksana AN Satuan Pendidikan, dan Pelaksana AN di Luar Negeri. 

“Melalui rapat koordinasi persiapan pelaksanaan asesmen nasional pada malam hari ini, saya selaku Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau mengajak kepada kita semua untuk menyatukan persepsi dan pemahaman,” Ujar Andi Agung.

Rapat koordinasi berlangsung dari tanggal 7 sd 9 Maret 2024 diikuti oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota dan Kabupaten se-Provinsi Kepri terdiri dari  satu pengarah, ketua dan penanggung jawab teknis (Tim).

 

Kontributor : Randi

Editor : Abidin