Logo
Loading...

Disdik Kepri Gelar Sosialisasi Fitur Layanan Gaji Berkala

Terbit : Jumat, 26 April 2024
Pukul : 11:26 WIB
Dilihat : 123 Kali
Bagikan Berita Ini
Disdik Kepri Gelar Sosialisasi Fitur Layanan Gaji Berkala
Peserta dan Narasumber Menyanyikan Lagu Indonesia Raya Saat Pembukaan Kegiatan-f/din

KEPRI (DISDIK)-Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau Gelar Sosialisasi Fitur Layanan Kenaikan Gaji Berkala (KGB) Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Publik Dilingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Kepri.

Sosialisasi KGB ini telah dilaksanakan di 3 Kab/Kota yaitu Bintan, Batam dan Tanjungpinang. Fitur KGB merupakan pengembangan aplikasi MIBEDIL (Media Informasi Berbasis Digital) yang bertujuan untuk memberikan informasi status proses usulan KGB PNS di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau (termasuk guru dan tenaga kependidikan). Fitur ini juga menjadi media komunikasi 2 arah antara penerima layanan dan operator/tim pelayanan KGB, sehingga diharapkan tidak terjadi lagi keterlambatan dalam pelayanan KGB.

Kegiatan di Bintan juga disejalankan dengan Kegiatan Meningkatkan Mutu Manajemen Sekolah dan Kompetensi Kepala Sekolah SMA/SMK/SLB Kabupaten Bintan. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua MKPS SMA/SMK/SLB Jun Suhaidi, S. Ag., M.Pd.I

Sosialisasi Fitur Layanan Kenaikan Gaji Berkala (KGB) disampaikan oleh Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Kiki Desika, SH.,M.H.

Dalam Pemaparannya, Kiki Desika menyampaikan tujuan dilaksanakan sosialisasi kali ini, adalah untuk mempermudah Pegawai dalam mengurus kenaikan gaji berkala.

“Untuk mengusulkan gaji berkala para pegawai, itu dilakukan setiap dua tahun sekali, setiap orang punya deadline yang berbeda, dalam proses verifikasi berkas syarat KGB sering ditemukan pegawai yang belum lengkap dokumennya di SILAT, namun pegawai tersebut tidak dapat mengetahui sudah sampai dimana proses KGB nya, nah fitur ini untuk mempermudah komunikasi seperti itu,” Terang Kiki kepada media ini.

Ditambahkan Kiki, bahwa dengan adanya fitur ini, pegawai akan dipermudah untuk mengecek status kepengurusannya hanya dengan menggunakan nomor induk pegawai  saja.

Di tempat yang sama Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Gunung Kijang Mustafa Kamal menyampaikan pendapatnya terkait sosialisasi fitur KGB ini, dengan adanya sosialisasi fitur KGB menurutnya sangat bagus, karna akan mempermudah para guru untuk mengurus kenaikan gaji berkalanya,  apa lagi untuk guru-guru yang berada di Pulau mereka tidak perlu lagi datang ke Dinas untuk mengambil dokumen KGB, yang tentunya akan banyak menghabiskan waktu dan biaya, karena sekarang tinggal download saja di MIBEDIL.

“Ini Luar biasa ya, aplikasi ini sangat membantu, aksesnya sangat mudah, masukkan nip maka akan muncul di situ, juga bisa tau sudah sampai dimana, yang penting berkasnya lengkap ya, “ Ujar Mustofa Kamal.

Sementara Itu guru SMA YKPP Bintan Utara Kurnia Adelina Kepada Media ini juga mengatakan, fitur ini bisa mempermudah dirinya, cara mengaksesnya juga mudah dan ia berharap semua rekannya bisa mengakses dan memanfaatkan untuk mengurus kenaikan gaji berkala mereka.

Selanjutnya Sosialisasi Kenaikan Gaji Berkala ini, dilanjutkan di Kota Batam di Hotel Golden View tanggal 26 April 2024 dengan Agenda dan materi yang sama terkait KGB, kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas pendidikan Provinsi kepri Dr. Andi Agung, S.E., M.M.

Sebanyak 85 orang peserta hadir terdiri dari Kepsek SMA SMK SLB Negeri Sekota Batam dan pegawai tata usaha atau operator perwakilan sekolah.

Sedangkan untuk Kota Tanjungpinang, Kegiatan dilaksanakan di SMAN 4 Tanjungpinang, yang dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kepri, Dr. Darson, S. Pd. M. Si.

Sekretaris Disdik Kepri Dr. Darson, S. Pd. M. Si  dalam sambutanya menyampaikan bahwa kegiatan Sosialisasi Fitur Kenaikan Gaji Berkala (KGB) ini sangat penting bagi individu yang akan mengusulkan kenaikan Gaji berkala, Disdik kepri tentunya dalam hal ini mengupayakan agar dalam pelayanan akan memberikan yang terbaik dan tentunya mempermudah pegawai dalam mengurus KGB di Disdik kepri.

Oleh karnanya dirinya berharap, para peserta sosialisasi dapat memberikan perhatian yang serius dalam pemaparan yang akan disampaikan.

“Mohon dukungnnya, program ini bukan hanya untuk Tanjungpinang saja, tapi juga telah dilaksanakan di Kabupaten Bintan dan Kota Batam,” Ucap Darson dalam sambutanya.

Usai Sosialisasi Kepala Sekolah SLBN 1 Tanjungpinang T. Sy. Nadhrah, Menanggapi Positif sosialisasi yang di gelar Disdik ini, dirinya menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karna mempermudah proses pengurusan kenaikan gaji berkala.

“Ini baik sekali kegiatannya pak, karna tidak perlu kedinas langsung dalam mengurus KGB, cukup dengan aplikasi ini, kita bisa tau sejauh mana proses pengurusannya,” Ujar T. Sy Nadhrah.

Ditempat yang sama Aten Perwakilan dari SMAN 2 Tanjungpinang mengatakan aplikasi yang disampaikan dapat mempermudah, namun dirinya juga berharap aplikasi ini, bisa otomatis dapat membaca siapa saja yang memang sudah seharusnya di ajukan kenaikan gaji berkalanya.

“Alhamdulillah penyampaian penggunaanya mudah, Insya Allah akan di sampaikan kepada rekan-rekan yang lain,” Tutupnya (tim).

 

Editor : Abidin