Logo
Loading...

Gubernur Ansar Ajak Ribuan Insan Pendidikan Kota Batam Meneladani Sifat Shiddiq Rasulullah

Terbit : Minggu, 15 Oktober 2023
Pukul : 17:53 WIB
Dilihat : 196 Kali
Bagikan Berita Ini
Gubernur Ansar Ajak Ribuan Insan Pendidikan Kota Batam Meneladani Sifat Shiddiq Rasulullah

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) H. Ansar Ahmad menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H bersama ribuan guru dan siswa SMA/SMK se-Kota Batam di Aula Graha Bintang Kampus Universitas Batam (Uniba), Jumat (13/10). Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kepri sebagai Tabligh Akbar.

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar mengajak para guru dan siswa untuk meneladani akhlak dan perilaku Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari. Ia menyebutkan empat sifat terpuji yang melekat pada diri Rasulullah SAW, yaitu shiddiq (jujur), amanah (dapat dipercaya), tabligh (menyampaikan), dan fathanah (cerdas).

"Shiddiq harus dimiliki kita semua, termasuk bapak ibu guru. Amanah harus menjadikan kita bisa dipercaya dalam mengemban tugas sebagai guru, yang akan memberikan pengajaran secara benar. Tabligh berarti kita harus bisa menyampaikan amanah orang tua yang menitipkan anaknya untuk dididik. Dan fathanah berarti bapak ibu semua bisa mendorong prestasi akademik anak-anak," jelas Gubernur Ansar.

Gubernur Ansar juga menyampaikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan Provinsi Kepri yang telah menyelenggarakan Tabligh Akbar ini. Ia berharap peringatan Maulid Nabi ini menjadi momentum untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Tausiyah dalam acara ini disampaikan oleh Ustaz Syamsuddin Nur Makka dari Jakarta, yang juga pengisi acara televisi nasional melalui kajian yaitu Islam Itu Indah. Ustaz Syam mengangkat tema "Meneladani Rasulullah SAW Sebagai Guru Sepanjang Masa".

Ustaz Syam mengawali tausiyahnya dengan mengajak para hadirin untuk selalu bersyukur, yang ditandai dengan memandang orang tua dan guru dengan pandangan cinta dan rasa hormat. Ia juga mengingatkan untuk selalu belajar dan bertanya agar dapat menjadi orang yang berilmu dan bermanfaat bagi orang lain.

"Apalagi Rasulullah adalah orang yang paling berilmu dan banyak mengajarkan ilmu pada umatnya," kata Ustaz Syam.

Ustaz Syam juga menekankan pentingnya meneladani akhlak dan perilaku Rasulullah SAW, yang merupakan sosok yang penyayang, dermawan, lembut, dan selalu berbuat baik kepada sesama manusia, bahkan juga seluruh mahluk ciptaan Allah SWT.

"Rasulullah lah sebaik-baiknya manusia yang bisa kita jadikan pedoman," katanya.

Ustaz Syam juga memberikan tips untuk keselamatan di dunia dan akhirat, yaitu dengan banyak berdoa dan beristighfar, serta membaca ayat Kursi dan doa sayyidul istighfar setiap pagi dan sore, agar mendapat perlindungan dari Allah SWT dan masuk surga.

Pada akhir acara, Gubernur Ansar didampingi Kadisdik Kepri Andi Agung menyerahkan bantuan beasiswa untuk siswa SMA/SMK di Kota Batam yang berasal dari BAZNAS Provinsi Kepri dan Unit Pengumpul Zakat dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepri. (fik)

sumber : koinfo kerpri